Akomodasi: Tonagi Hostel & Cafe Fukuoka

Biasanya setiap kali jalan ke Jepang, kami selalu memilih hostel atau guesthouse yang punya kamar private room (dan ada TV di dalam kamar). Alasan utamanya tentu saja supaya bebas buka hijab dalam kamar. Lagipula biasanya harga untuk private room yang diisi berdua tidak jauh berbeda dengan harga satu bed di kamar dorm. Tapi pada saat kami ke Fukuoka awal tahun ini bertepatan dengan konser Arashi “Are You Happy?”, kami terpaksa menginap kamar dorm di satu-satunya tempat relatif murah yang masih tersedia.  Hampir semua tempat (kecuali hotel bintang 5 pas kami ngecek di booking-com) sudah full booked diisi oleh fans Arashi yang datang dari segala penjuru Jepang (dan luar Jepang). Termasuk hostel tempat kami menginap, Tonagi Hostel & Cafe. Luar biasa memang fans Arashi!

Lokasi hostel ini agak jauh dari pusat kota, jadi cukup repot juga buat mencari tempat makan. Bahkan minimarket yang biasanya selalu ada tiap pengkolan pun kami ga nemu. Mungkin ada, tapi karena kami kurang explore area sekitar hostel lantaran hujan aja. Nah, untungnya di bangunan 3 lantai ini, ada cafe di lantai pertama. Jadi kami makan malam dan sarapan di sana. Lumayan ga perlu jalan dingin-dingin menembus hujan. Meski letaknya cenderung terpencil, tapi lokasinya dekat dengan stasiun subway, jadi mudah kalau mau ke pusat kota.

Bisa baca buku-buku yang di-display di cafe….

…. atau nonton film yang sedang diputer di dalam cafe

Untuk yang menginap di Hostel, bisa dapet harga khusus untuk menu sarapan

Proses check-in dilakukan di lantai satu dekat area cafe. Kami mendapat kamar dorm di lantai 3. Kamar yang kami pilih adalah yang mix dorm, karena itu satu-satunya yang tersedia saat kami booking. Alhamdulillah, isinya perempuan (dan fans Arashi) semua! Hahaha. Lumayan jadi dapat teman baru, hehe. Kalau mau pesan yang kamar khusus perempuan ada di lantai 2. Di lantai 3, selain ada kamar yang kami tempati, ada satu kamar mix dorm lainnya, living room, dapur, dua shower room dan toilet, serta laundry room.

Living room dan dapur. Di atas meja ada buku testimoni yang bisa siisi.

Laundry room bersebelahan dengan wastafel

Dalam satu kamar ada enam bunk-bed yang ada partisinya untuk privasi. Maklum lah Jepang kan negara yang sangat menjunjung tinggi privasi. Masing-masing bed disediakan lampu, colokan, dan brankas kecil. Ruangannya agak sempit jadi kalau membawa koper besar bakal makan banyak tempat. Supaya tidak mengganggu penghuni lainnya, kami menaruh koper dan tas di kolong tempat tidur. Di tiap kamar disediakan peraturan yang sebaiknya dibaca penghuni demi ketertiban dan kenyamanan bersama (tsaaahhh…). Wi-fi gratis bisa diakses di dalam kamar.

Harga/malam (per tahun 2017): ¥2700-¥2900/night (mix dorm room); ¥2800-¥3000/night (female-only dorm room); ¥6000-¥6300/night (private double room)

Lokasi: 〒812-0044 Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Hakata-ku, Chiyo, 4 Chome−4 [map]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s