Tempat Konser Johnny’s: Fukuoka, Osaka, Yokohama

Akhir dan awal tahun biasanya jadi waktu yang paling menguras hati, emosi, dan tabungan para fans Johnny’s. Gimana ga, mulai dari Oktober sampai akhir Januari biasanya grup-grup Johnny’s ngadain tur atau konser tahunan. Awal ahun 2017 lalu, kami sengaja mengunjungi Jepang untuk ngikutin turnya beberapa grup Johnny’s (Arashi, Kanjani8, dan Johnny’s West). Tiga grup sekaligus! Asik ga tuh? Tapi kita ngikutin cuma dari luar venue, ahaha…hiks (nasib bukan member FC yang cuma bisa nangis di pojokan Dome). Kebetulan jadwal cuti kami bisa dipas-pas-in dengan jadwal mereka yang waktu itu memang lagi ngadain tur. Jadilah kami buat rencana perjalanan sesuai dengan kapan dan di mana mereka lagi konser saat itu.

Ada beberapa tempat yang jadi langganan grup Johnny’s untuk konser. Di postingan ini kami akan ke Fukuoka, Osaka, dan Yokohama untuk berbagi euforia berada di tempat dan menghirup udara yang sama dengan para idol (ok lebay, baca aja: berbaur dengan para fans sambil belanja goodies).

1. Fukuoka Yahouko! Dome

Fukuoka_dome2

Kami ke sini untuk ngejar Arashi saat tur Are You Happy?. Ketemu sama mereka? Tentu tidak.. Kami cuma bisa beli goodies di sini yang penjualannya udah dibuka dari 1-2 hari sebelum konser dimulai. Kami ke Fukuoka Dome sampai 2 kali, padahal waktu kami di Fukuoka terbatas. Demi Arashi, yo! Malam saat Arashi konser kami ke sana dengan menggunakan bis. Besoknya, sesaat sebelum konser dimulai kami ke sana lagi menggunakan kereta. Cek untuk akses lengkap menuju ke dan dari Fukuoka Dome.

Goodies_fukuoka dome

booth goodies di area Dome. Kalau malam sepi, tapi kalau pagi sampai sebelum konser dimulai, antriannya bisa mengular

Waktu malam, kami beli goodies dan dengar hype konser dari luar. Serius, kedengeran loh suara mereka. Bayangkan, bisa denger langsung suara Nino yang biasanya cuma denger di CD atau video! Kalian bisa coba kelilingi Dome untuk dapat spot terbaik mencuri dengar. Terkadang ada celah sedikit di mana cahaya dan suara di dalam Dome menyeruak keluar. Biasanya di situ banyak fans yang duduk manis berasa ikutan nonton di dalam Dome.

Besok siangnya kami ke sana menggunakan subway dari stasiun terdekat tempat kita menginap menuju Tojinmachi Station. Sepanjang jalan, sudah banyak terlihat fans dengan segala atributnya. Rasanya itu subway macam dicarter sama fansnya Arashi. Turun di stasiun sampai perjalanan sekitar 15 menit jalan kaki menuju dome, masya Alloh penuhnya udah kayak pembagian zakat pas lebaran. Tapi semuanya tertib. Walau ga bisa hadir di konser, kami jadi bisa ngerasain euforianya.

station_queue

antrian keluar stasiun Tojinmachi, semua menuju Dome tuh

Arashi_concert_fukuoka_dome

piknik ala fans sambil nunggu konser dimulai

Lokasi Dome memang agak jauh dari pusat kota. Tapi aksesnya banyak dan dekat dengan tempat wisata lainnya. Waktu itu habis dari Dome kita jalan kaki sekitar 20 menit menuju ke Fukuoka Tower dan Momochi Seaside Park (yang merupakan lokasi shooting Bambino! postingan menyusul :D).

2. Kyocera Dome Osaka

Kyocera_dome_osaka

Venue berikutnya adalah Kyocera Dome Osaka. Dan kami ke sini ngejar Kanjani8 tentunya.. Ga kalah dengan vibe waktu di turnya Arashi, di sini juga rame banget. Kami pilih untuk datang siang sebelum konser dimulai. Fans sudah ramai dan antrian goodies pun tampak di beberapa titik. Fans yang datang ke konser Kanjani menurut kami agak lebih bervariasi dibanding yang datang ke konser Arashi. Di sini kami melihat lumayan banyak laki-laki dan keluarga dengan anak kecil. Mereka juga pakai atribut konser loh..

Kanjani8_concert_goodies

booth concert goods di Osaka Dome

Kanjani_fans

kawaii~

Akses ke Osaka Dome lebih mudah dibandingkan ke Fukuoka Dome. Jaraknya dari stasiun hanya sekitar 3-7 menit berjalan kaki. Sayangnya, website resmi Kyocera Dome hanya menyajikan informasi dalam bahasa Jepang. Jadi buat kalian yang mau ke dan dari Osaka Dome bisa cek aksesnya di sini.

Oh iya, karena Osaka ini kota besar dan kota wisata dengan banyak penginapan tersedia, waktu itu kami tidak menemukan kesulitan untuk cari tempat menginap dengan budget terbatas selama di Osaka, meskipun Kanjani8 sedang tur di sana. Beda cerita dengan di Fukuoka/Hakata karena kami susah banget dapat kamar dengan harga terjangkau pas Arashi lagi tur.

3. Yokohama Arena

Yokohama_arena

Kalau dua venue sebelumnya adalah Dome, di Yokohama yang ada adalah Arena. Dome diperuntukkan bagi pertandingan olahraga, terutama baseball, jadi areanya luas dan daya tampungnya besar. Sementara arena memang untuk konser/performance dan event, jadi jauh lebih kecil dengan daya tampung terbatas. Kalau yang ngikutin tipe-tipe turnya grup Johnny’s pasti udah khatam deh performance seperti apa yang disajikan di Dome dan di Arena.

SONY DSC

agenda siapa dan kapan di Yokohama Arena

Kami ke sini untuk ngejar Johnny’s West yang waktu itu tur pertama kali. Jadi wajar banget kalau mereka masih ngadain konser di Arena. Kami ke sana malam hari pas mereka lagi konser. Dari luar arena sepi sih, hanya ada segelintir fans yang duduk manis di depan pintu utama, berharap mendengar suara dari dalam. Yang cukup banyak terlihat malah official bermantel biru yang berjaga-jaga. Kami pun ke sana hanya untuk beli goodies. Berbeda dengan di Dome, area penjualan goodies di Yokohama Arena berada di hall indoor, dengan lokasi agak tersembunyi dan minim petunjuk arah. Saat kami ke sana pun tidak ada antrian sama sekali, mungkin karena fansnya lagi pada nonton konser ya..

Johnnys West goodies

Akses menunju ke Yokohama Arena juga mudah dengan menggunakan JR maupun subway. Jadi kalau kalian punya JR pass, bisa dipakai untuk ke sini. Karena Yokohama Arena tidak terlalu luas, kalian bisa jalan kaki di daerah dekat-dekat situ. Ada Shin-Yokohama Park, dan Shin-Yokohama Ramen Museum.

Sementara ini dulu 3 tempat yang biasanya dijadikan rumah bagi grup-grup Johnny’s yang konser. Tentunya masih banyak tempat di kota lain yang belum sempat kami kunjungi. Mudah-mudahan ada rejeki dan kesempatan kami bisa ke sana sekaligus nonton langsung konser mereka, aamiin!

One thought on “Tempat Konser Johnny’s: Fukuoka, Osaka, Yokohama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s