CoCo Curry

Nama lengkapnya adalah Curry House CoCo Ichibanya, biar ringkes kami sebut saja CoCo Curry. Jangan tanya kenapa tulisan CoCo-nya macam alay begitu, dari sononya. Sewaktu di Nagoya, kios kari ala Jepang ini bertebaran di mana-mana, hampir di setiap belokan ada. Usut punya usut, ternyata di Nagoya-lah pertama kali gerai CoCo Curry dibuka lebih dari 37 tahun lalu. Mari kita cek apa yang tersaji di dalamnya.

2014-04-23 12.45.16

Meski konon berasal dari India, kari telah jadi salah satu makanan favorit di Jepang sejak lama. Tentu saja isi dan bumbu karinya agak berbeda. Menurut saya pribadi, kari Jepang teksturnya lebih kental dan rasanya manis, sedangkan original kari dari Asia Selatan lebih encer dan berminyak dengan rasa bumbu yang jaaaauh lebih tajam. Nah, yang ditawarkan oleh CoCo Curry tentu saja yang Jepang punya. Dari sekian banyak menu yang tersedia, kami memilih:

CoCo_Cury

Chicken Cutlet Curry, Potato Salad, dan Soft Boiled Egg Chicken Meatball Curry

Kari yang dipadukan dalam satu piring dengan nasi seperti yang kami pesan ini juga jadi salah satu kekhasan kari Jepang. Di piring kami nasinya nyaris ga keliatan ya? Tapi serius aslinya itu nasi banyaaaakkkk banget. Jangan tertipu oleh kuah kari yang menggenang!

CoCo Curry menyediakan 3 pilihan porsi nasi dengan harga progresif mulai dari 200 g sampai bisa lebih dari 600 g. Kami waktu memesan ga ada permintan khusus jadi otomatis diberi porsi standar yaitu nasi 300 g. Mak… 300 gram itu banyak banget loh!! setara 3 centong besar, 525 kilo kalori!! Kami sih ga kuat ngabisinnya, perut rasanya udah mau meledak. Makan siang ini bahkan berhasil buat kami ga mau makan lagi sampai besok paginya. Kebayang, yang porsi 600 g mungkin bisa buat ganjel perut 2 hari.

Curry rice memang lebih populer dengan tambahan katsu daging babi, sapi, atau ayam. Karena dulu kami masih polos dan terbelit rasa penasaran berlebihan, kami baru sadar setelah makan kalau ternyata katsu ayam atau katsu sapi di CoCo Curry digoreng dengan minyak yang sama dengan katsu babi. Berarti katsu yang udah bersemayam di perut kami ini……. Duh, ampuni kami ya Alloh! Yak, pelajaran buat kita yang muslim, kalau mau makan di CoCo Curry, hindari katsu ya.. Ada menu lain yang masih bisa dipilih kok, Mereka bahkan punya kari sayuran dan topping lainnya.

Sekarang CoCo Curry sudah buka gerai di Jakarta. Kata orang-orang sih rasanya beda dengan yang aslinya. Hmm.. Kami juga belum dapat info kalau yang di Jakarta ini udah bersertifikat halal. Semoga segera ya, biar kita bisa menikmati Chicken/Meat Cutlet Curry Rice dengan aman.

Update: Sekarang CoCo Curry punya menu vegetarian yang benar-benar ga memasukan produk hewani sama sekali (bahkan proses memasaknya pun dipisah dengan yang menu daging). Tapi sementara baru 112 gerai saja yang memiliki menu ini. Kalian bisa bertanya ke gerai yang kalian kunjungi apakah mereka menyediakan menu vegetarian atau tidak, atau cek list gerainya di sini (dalam bahasa Jepang).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s