Kastil Himeji

Ada yang pernah nonton Taiga Dorama yang ditayangin NHK berjudul Gunshi Kanbei? Dorama yang dibintangi oleh Okada Junichi-nya V6 ini mengambil latar di Provinsi Harima yang sekarang bernama perfektur Hyogo. Nah, kastil Himeji ikutan muncul dalam dorama ini. Kastil ini juga layak didapuk sebagai salah satu kastil tercantik dan paling banyak dikunjungi di Jepang karena nuasa warna putih yang mendominasi eksteriornya. Ga salah deh kalo menjadi salah satu situs warisan UNESCO.

Kastil ini hanya berjarak 15-20 menit jalan kaki dari stasiun Himeji. Saran kami sebaiknya lewat jalan Himeji Shopping Street biar bisa sekalian cuci mata dan jajan, hehe. Keindahan dari kastil ini sudah terasa dari jembatan gerbang utamanya. Duh, kalau kami datang pas Sakura bermekaran pasti lebih cantik pemandangannya.

Begitu masuk gerbang, kita akan disajikan hamparan lapangan luas yang menjadi halaman kastil. Masuk ke area ini masih gratis. Nah, kalau sudah masuk ke area kastil barulah kita harus bayar tiket masuk seharga 1000 yen. Dari berbagai kastil yang pernah kami kunjungi, biaya masuk ini menurut kami tergolong mahal #kopedtraveler.

Biaya masuk yang cukup mahal itu lumayan pantas lah untuk pemandangan yang didapat. Plus kita bisa masuk ke dalam kastil yang beneran ada yang bisa dilihat (pengalaman dari kastil lain, isinya rata-rata kosong). Selain itu, bukan hanya kastil utama saja, kita juga bisa masuk ke dalam pavilion kastil. Oh iya, sepatu harus dibuka kalau masuk ke dalam. Tenang aja, mereka menyediakan kantong kresek untuk kita nenteng-nenteng sepatu. Jadi, bagi yang pernah trauma kehilangan sandal jepit di masjid ga perlu khawatir :p

Emblem keluarga yang tinggal di kastil pad jamannya

Sumur Okiku

Pada bagian dalam kastil, selain memamerkan benda-benda peninggalan, juga ada peragaan yang kami ga ngerti tentang apa. Tampaknya sih tentang kehidupan jaman dulu gitu kalau dilihat dari bajunya. Bangunan utama kastil ini terdiri dari 5 lantai dengan tangga untuk menuju lantai atasnya sungguh curam. Sebenarnya sih ga boleh ngambil foto di dalam, tapi kami pengen banget nunjukin betapa curamnya tangga tersebut, jadi kami berhasil curi-curi satu foto, hehe.

Ngambil fotonya candid, jadi buram

Dari lantai yang paling atas, kita bisa keluar menuju balkon untuk melihat pemandangan kota Himeji. Setelah puas lihat-lihat, kita turun lagi pakai tangga yang curam tadi. Hfff… lumayan olahraga lah ini. Setelah puas melihat dalamnya kastil utama, kami menuju bagian pavilion. Tenang…. kali ini ga ada tangga kok. Isinya sih hanya ruangan-ruangan kosong dan beberapa barang peragaan.  Oh iya, kalau di sini boleh foto-foto.

lorong kayu

Sediakanlah waktu minimal setengah hari untuk mengeksplor kastil ini, karena areanya lumayan luas dan banyak yang bias dilihat. Jangan lupa minta tolong volunteer yang ada di sana untk mengambilkan foto kalian dengan latar belakang kastil Himeji yang cantik.

Say cheese~~~

What: Himeji Castle
Where: Japan, 〒670-0012 Hyōgo Prefecture, Himeji, Honmachi, 68 [map]
How to go: About 15-20 minutes walk from Himeji Station 
How much: Admission fee 1000 yen (adult); 300 yen (children)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s