Fuji TV – Part 1

Di Jepang, stasiun TV bisa jadi tempat wisata sekaligus belajar loh. Di Indonesia juga bisa sih, jadi tempat wisata musik sambil belajar joget-joget mungkin (eh, masih jaman?). Hampir semua gedung stasiun TV di Jepang punya display area dan souvenir shop yang bisa dikunjungi umum. Salah satu yang yang menawarkan fasilitas ini adalah Fuji TV. Mereka bahkan punya paket tur yang memungkinkan pengunjungnya mengeksplor gedung sampai ke lantai 25.

Area di Fuji TV yang bisa dimasuki oleh umum sebetulnya hanya di lantai 1, 5, 7, dan 24-25. Di tujuh lantai pertama pengunjung bebas keluar-masuk. Tetapi untuk bisa ke lantai 24 dan 25 perlu tiket berbayar. Ada apa sih di sana? Sabar, mari jajaki lantainya satu-persatu.

Toko souvenir Fuji TV akan menyambut kalian di lobby gedung. Jangan heran kalau barang yang ada di sini cuma sedikit, karena hanya menampilkan barang-barang program terbaru atau terpopuler. Semacam teaser souvenir shop lah.. Tunggu sampai kalian sampai di lantai berikutnya! Tapi di sini ada toko official merchandise yang katanya sih cuma satu-satunya di Jepang. Yang suka anime atau manga Sazae-san berarti wajib masuk ke toko ini.

Di luar gedung, area luas Fuji TV Plaza dipenuhi dekorasi menarik seperti taman bermain. Kalau di stasiun TV Indonesia sih pasti area ini udah dijadiin tempat suting acara musik pagi yang buat joget-joget itu. ‘Atraksi’ yang memukau di plaza ini adalah sepasang eskalator maha panjang yang siap mengantar pengunjung langsung ke lantai 7. Mereka menyebutnya Tube Escalator. Kita memang seperti masuk ke dalam tube karena bentuknya setengah lingkaran dan dikelilingi oleh atap transparan. Buat pengunjung yang takut ketinggian atau punya vertigo bisa naik lift untuk kok, but you’ll miss the fun!

Tube Escalator antara lantai 1 dan lantai 7 Fuji TV

Tube Escalator antara lantai 1 dan lantai 7 Fuji TV

Sebentar, kok dari lantai 1 langsung ke lantai 7? Tenang, eskalator ini bisa juga kok transit dulu ke lantai 5. Tapi kalau kalian penganut paham save the best for the last, boleh lah ikuti rute kami dengan menjadikan lantai 5 sebagai penutup tur. Ga ada urutan saklek sih harus mulai dan berakhir di lantai mana, mau langsung ke lantai 25 juga bisa, bebasss… asal bayar dulu.

Loket tiket dan informasi di Plaza Lantai 1

Loket tiket dan informasi di Plaza Lantai 1

Loket ini terdapat di Plaza dekat eskalator, loket yang lebih kecil tersedia juga di lantai 7. Di sinilah pengunjung membeli tiket untuk bisa naik ke lantai 24 dan 25. Harga tiket per tahun 2014 untuk dewasa adalah 550 yen. Tiket masuk dilengkapi dengan guide book yang tersedia dalam bahasa Inggris. Jangan abaikan buku kecil ini, kalau malas baca info di dalamnya, coba langsung cek halaman terakhir. Ada permainan kecil di sana, semacam treasure hunt. Pengunjung diminta mengumpulkan cap yang teredia di setiap lantai. Kalau semua cap sudah lengkap, tunjukkan ke loket di plaza ini lagi untuk dapat souvenir Fuji TV. Ga seberapa sih, tapi permainan berburu cap ini berhasil bikin tur makin seru.

Ok, sampai di mana kita tadi? Udah naik eskalator ya? Yuhu.. tibalah kita di lantai 7 yang mereka namai Roof Garden. Hampir seluas plaza di lantai bawah, area terbuka ini jadi semacam galeri besar untuk sarana promosi mereka. Bisa ditemukan banyak banner segede gaban berisi program terbaru Fuji TV, baik itu variety show, dorama, atau movie. Surga buat fangirl yang artis idolanya jadi bintang di program itu. Sayang, waktu kami ke sana Member Arashi lagi ga eksis di Fuji TV. Tapi lumayan lah ada Takeru Sato dengan Bitter Blood-nya.

Roof Garden lantai 7

Roof Garden lantai 7

Ingat teaser di lobby tadi? Nah, di Roof Garden-lah official shop Fuji TV berada. Barangnya banyak dan lucu-lucu banget. Fanboy juga bakal seneng deh ke sini. Ada area khusus jual barang-barang One Piece loh. Pokoknya yang punya acara favorit di Fuji TV, silakan berburu seperti kami yang ngubek-ngubek toko besar ini demi mencari Arashi. Tau apa yang kami temukan? Sebuah, satu, hiji, the one and only poster besar VS Arashi jaman tahun 2009! Dan pastinya ga dijual, mana boleh lah sama JE.

Puas muter-muter toko, saatnya naik lift menuju lantai 24 dan 25. Iya, lift kok, bukan eskalator. Penasaran apa yang ada di 2 lantai teratas gedung ini? Tunggu cerita berikutnya!

PS: akses menuju gedung ini bisa dicek di offical site Fuji TV

One thought on “Fuji TV – Part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s