Hirosaki Cherry Blossom Festival

Pernah nonton video Dogen tentang Hanami yang ini? Sebel banget ga sih kalau pengen khusyuk menikmati indahnya bunga sakura yang ga ada di negara kita, terganggu dengan ramai dan padatnya orang? Mau berfoto buat stok Instagram aja harus sabar ngantri atau di-photobomb. Sebenarnya kalau kalian mau ber-Hanami di luar kota Tokyo, ada lho tempat-tempat yang oke banget untuk masuk ke itinerary buat musim semi mendatang. Salah satunya ada di Prefektur Aomori yaitu Hirosaki Cherry Blossom Festival.

Kota Hirosaki terletak di bagian utara Tohoku yang artinya musim semi di sana lebih lambat dibandingkan Tokyo. Hal ini menjadi keuntungan sendiri karena akhir April biasanya tidak masuk dalam black-out periode dari maskapai yang sedang promo tiket murah. Berdasarkan prakiraan mekarnya Sakura tahun ini, bunga sakura di daerah Aomori kemungkinan akan bermekaran mulai tanggal 21 April. Hirosaki Cherry Blossom Festival tahun 2018 berlangsung mulai tanggal 21 April hingga 6 Mei, jadi tahun ini pun kisaran pada tanggal segitu juga.

Lokasi utama dari Hirosaki Cherry Blossom Festival ini adalah di Hirosaki Park yang berjarak sekitar 30 menit jalan kaki dari Hirosaki Station. Bisa juga naik bis atau taksi kalau malas jalan kaki. Kalau naik bis kira-kira butuh waktu 15 menit, turun di halte Shiyakusho-mae. Masuk ke dalam Hirosaki Park tidak dikenakan biaya, tapi ada beberaps area tertentu di dalam, misalnya Hirosaki Castle, yang harus membayar admission fee.

Saking banyaknya pohon sakura, sampai parit yang mengelilingi taman pun berubah jadi pink

Kalau naik taksi, kita bakal diturunin di East Gate Entrance

Sekeliling taman pun berderet pohon-pohon sakura yang membuat ekspektasi kita semakin besar untuk melihat pohon sakura di dalam Hirosaki Park. Bayangkan saja, terdapat 2600 pohon dari 50 jenis sakura di dalam taman tersebut! Artinya kamu ga perlu ngantri atau nyari-nyari spot yang sepi  demi mendapatkan foto tanpa di-photobomb. Areal untuk piknik di bawah pohon sakura pun cukup luas sehingga ga perlu datang pagi-pagi cuma untuk nge-take tempat.

Begitu melewati gerbang, sepanjang mata memandang, pohon sakura terpampang nyata…

Tahun 2018 kemarin merupakan perayaaan 100 tahun Hirosaki Cherry Blossom Festival

Menurut website mereka, waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi taman ini kira-kira dua jam. Jika ingin mengunjungi semua area taman, mereka menyediakan peta di depan gerbang untuk memudahkan pengunjung yang mau eksplorasi lebih lanjut. Mengingat kemampuan mengikuti peta saya yang rendah, meskipun sudah ambil peta, tetap saja akhirnya mengikuti rute ke mana kaki melangkah, hehe.

Bebas berfoto tanpa photobomb

Jalur yang saya ambil melewati Sakura Tunnel. Di sampingnya ada parit besar bagi yang mau naik sekoci.

 

Yuk mari yang mau bersekoci ria

Sakura Tunnel

Ga bawa bekal untuk piknik ga jadi masalah karena di ujung Sakura Tunnel akan ada area bazaar yang menjual berbagai macam makanan. Ga punya tikar? Jas hujan atau pamphlet pun bisa jadi pengganti, hehe… Tapi ternyata tanahnya dingin…..

Kios-kios yang menjual makanan

Tidak ada opsi makanan halal, jadi pilih yang kira-kira aman aja ya

Areal untuk piknik

Tak ada tikar, jas hujan pun jadi

Selesai piknik, silahkan buang sampahnya di tempat yang sudah disediakan

Salah satu tambahan daya tarik dari Hirosaki Cherry Blossom Festival ini adalah pemandangan bunga sakura di malam hari. Meskipun saya sudah sengaja untuk ke sana sore hari biar sempat melihat pemandangan lampu-lampu yang menyinari sakura, tapi karena udaranya yang dingin saya pun mengurungkan niat untuk tinggal lebih lama. Jadi jika ada yang berniat menghabiskan malam di sini, jangan lupa bawa jaket yang agak tebal ya.

What Hirosaki Cherry Blossom Festival at Hirsaki Park
Where: 1 Shimoshiroganecho, Hirosaki, Aomori Prefecture 036-8356, Japan [map]
How to go: Take a train to Hirosaki Station, then take a 15 minute bus to Shiyakusho-mae bus stop. 
How much: Free admission to enter the park, but some areas required ticket

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s