Bus Willer: Pilihan Murah Transportasi Antar Kota di Jepang

Jepang tidak hanya Tokyo. Sayang rasanya kalau mengeksplor Jepang hanya dari satu kota saja. Tentu saja kita bisa memanfaatkan kereta cepat Shinkansen untuk pindah dari satu kota ke kota lainnya, tapi harga yang dikeluarkan pun lumayan merogoh kocek. Untunglah ada bus malam yang harganya jauh lebih murah daripada tiket kereta. Plus karena perjalanan semalaman, bisa sekalian menghemat biaya menginap! Yay! #kopedtraveler

Trip ke Jepang kami biasanya tidak dimulai dari Tokyo karena harga penerbangan ke Osaka atau Nagoya menggunakan budget airline biasanya lebih murah. Bus Willer selalu menjadi pilihan kami untuk melanjutkan perjalanan ke Tokyo karena harganya yang murah. Hebatnya nih, meski murah tapi perjalanannya nyaman banget! Kami pernah mencoba naik yang tipe standard maupun relax, dua-duanya terasa nyaman bahkan untuk panjang kaki saya yang kayak enggrang. Harga tipe relax tentu lebih mahal karena ada fasilitas tambahan seperti tudung kursi, colokan listrik, foot rest, selimut, bahkan bantal!

Untuk pemesanan tiket Bus Willer dapat dilakukan baik di dalam maupun luar Jepang melalui website mereka. Setau kami tidak ada loket/agen yang menjual tiket secara offline, jadi hanya bisa dilakukan melalui website atau… telepon (beruntunglah jika kalian fasih bahasa Jepang). Kalau dari luar Jepang pilihan bayar hanya bisa melalui kartu kredit, sedangkan kalau beli pas di Jepang bisa bayar di convenience store.

Nah… pas bayar di  convenince store bisa minta tolong sama mbak/mas pegawainya untuk operasiin mesin bayarnya. Pastikan bahwa data yang kamu entri sesuai dengan yang ada di email konfirmasi pemesanan. Karena pada kasus kami, no handphone yang kami masukkan terpotong satu angka akibat default dari sananya. Pas masukin no handphone ke mesin sesuai dengan semestinya eh ternyata gagal. Setelah nyoba berkali-kali, sampai ganti convenience store, baru sadar kalau no handphone yang tertera di email konfirmasi tuh terpotong satu angka. Setelah input data yang bener, baru deh berhasil bayar. Fyuuhhh….

SONY DSC

Tanda terima hasil pembayaran. Difoto gara-gara buat ngedapetinnya drama banget!

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah lokasi halte si bus. Lagi-lagi, perhatikan lokasi halte yang tertera di email konfirmasi. Siapkan waktu untuk ngecek lokasi pasti haltenya untuk menghindari resiko ketinggalan bus seperti kami. Beberapa halte agak sulit ditemui lokasinya, terutama yang di Nagoya. Makanya di website mereka pun ada petunjuk arah menuju halte, seperti ini.

Bus Willer juga mengeluarkan Japan Bus Pass, semacam JR Pass gitu tapi dengan harga yang pastinya jauh lebih ekonomis. Asiknya lagi nih, pemakaian Japan Bus Pass bisa berlaku dalam 2 bulan! Jadi perhitungan 7 days pass ga perlu harus berturut-turut dipakenya. Kami sih belum pernah mencoba, tapi sebagai #kopedtraveler kami pasti bakalan nyoba suatu hari nanti!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s