Tempat Beli Oleh-Oleh Murah di Jepang

Apa pernyataan yang hampir pasti diucapkan kenalan kita kalo tau kita bakal liburan ke luar negeri?

“Jangan lupa oleh-oleh ya!”

Apa pertanyaan yang hampir pasti diucapkan kenalan kita kalo tau kita baru pulang liburan dari luar negeri?

“Oleh-olehnya mana?”

Urusan oleh-oleh emang kadang bisa bikin pusing. Pusing nyari yang murah dan sesuai budget tapi ga pasaran macem gantungan kunci atau tempelah magnet kulkas. Nah lho! Apalagi kan katanya harga barang di Jepang mahal-mahal karena politik dumping-nya. Supaya ga pusing lagi, makanya baca postingan ini biar bisa beli oleh-oleh khas Jepang yang sesuai dengan ketipisan kantong, hehe.

Daiso dan 100 yen shop

Yap, hampir semua harga barang di Daiso hanya 100 yen saja (belum termasuk pajak)! Barang yang dijual pun beragam mulai dari kosmetik, alat dapur, makanan, sampai alat tulis. Kualitasnya cukup bagus ga keliatan kayak barang seharga 100 yen. Dari sekian banyak barang yang dijual di sana, ga semua keliatan khas Jepang. Maklum kan bukan toko oleh-oleh. Tapi kalau kamu beneran nyari, ada beberapa yang bisa dijadikan opsi sebagai oleh-oleh, diantaranya: pouch, furoshiki (kain pembungkus khas Jepang), sumpit, kipas, snack, dan kain gantungan khas Jepang. Nyari Daiso ga susah karena mereka selayaknya minimarket yang bisa ditemukan di tiap pengkolan. Kalaupun bukan Daiso, masih banyak 100 yen shop lainnya. Barang-barang di 100 yen shop ini juga ga kalah lucu sebagai oleh-oleh, misalnya penghapus berbentuk sushi, tempat bekal, dan tatakan gelas.

Hasil perburuan oleh-oleh di Daiso

Hasil perburuan oleh-oleh di Daiso

Don Quijote

Salah satu toserba waralaba yang menyediakan berbagai souvenir untuk para Otaku. Kamu bisa menemukan berbagai merchandise manga/anime yang lagi nge-hits, kostum untuk cosplay, character goodies, fanlight, alat-alat untuk bikin uchiwa, hingga  AKB-related goodies. Bukan Otaku? Tenang, barang-barang “normal” juga dijual kok di sini seperti kosmetik, barang elektronik, pakaian, dan makanan. Harganya memang ga semurah Daiso (ya kali….), tapi kamu bisa mendapatkan fasilitas Tax Refund di sini. Sama halnya seperti Daiso, hampir di semua kota besar pasti ada Don Quijote dengan logo khasnya si pinguin warna biru.

Hasil perburuan oleh-oleh di Don Quijote

Hasil perburuan oleh-oleh di Don Quijote

Supermarket dan Convenience Store

Makanan masih menjadi oleh-oleh andalan buat dibagikan ke orang-orang sekantor. Cukup beli satu atau dua bungkus cemilan khas Jepang, taro di common room/pantry atau edarin pas rapat, udah bisa menuntaskan kewajiban ngasih oleh-oleh sekantor, hehe. Harga cemilan di supermarket cenderung lebih murah dan variasinya lebih banyak dengan volume lebih besar. Orang-orang ga akan tau kamu belinya di toko souvenir atau supermarket, toh yang penting di bungkusnya ada tulisan Jepang. Jadi pasti oleh-oleh dari Jepang, hehehe.

Book Off

Ada temen nitip minta dibeliin CD/DVD idol/penyanyi Jepang? Daripada beli di music store dengan harga selangit, kenapa ga beli yang bekas aja?  Apalagi kalo titipannya CD/DVD keluaran lama dan si penitip ga masalah dengan barang bekas, beli di Book Off bisa jadi pilihan oke. Biarpun bekas, tapi kondisinya masih pada mulus. Jika ada cacat akan ada stiker yang ngasih tau cacatnya (misal: casing retak, booklet ada yang sobek), tapi masih berfungsi dengan baik. CD Arashi The Digitalian dan Pop Corn edisi LE kami beli hanya sekitar 2000 yen aja. DVD Rag Fair cuma 180 yen (yah secara mereka udah bubar….). Kecuali barang limited edition atau collector edition yang udah ga bisa ditemuin dalam kondisi baru, bisa jadi harganya lebih mahal dari harga baru.

Book off_4 Book off_5

Ga cuma CD/DVD lagu dan film, CD game juga ada. Harganya mulai dari 200-an yen sampai 2000-an yen. Selain itu, sesuai nama tokonya, buku-buku bekas juga dijual di sini. Bahkan ada photobook dan booklet FC JE juga lho! Khusus untuk barang-barang JE, letaknya ada di rak khusus sendiri. Isi CD/DVD yang di-display kosong, setelah bayar, kasirnya bakal ngasih isi CD-nya. Book Off ini konsepnya waralaba, jadi bakal mudah ditemukan di berbagai kota di Jepang.

Book off_1

Booklet dan Photobook

Book off_2

CD dan DVD

Untuk tau lokasi tempat-tempat di atas, kamu bisa cari di google map dengan masukin kata kunci: nama toko dan lokasi (misal: Daiso Tokyo atau Book Off Osaka). Nanti bakalan muncul banyak spot dan kamu tinggal pilih lokasi mana yang sesuai dengan itinerary kamu. Kadang ga spesial nyari pun toko-toko itu bakalan muncul aja di depan mata.

Gimana udah ga bingung lagi kan? Masih bingung? Tenang, kami masih punya postingan lainnya untuk urusan oleh-oleh. Makanya subscribe dan sering-sering cek blog kami  untuk postingan terbaru ya!

 

3 thoughts on “Tempat Beli Oleh-Oleh Murah di Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s